SELAMAT DATANG DI BLOG KELURAHAN PASAR 1 KECAMATAN PRABUMULIH UTARA KOTA PRABUMULIH

Senin, 06 Desember 2021

Pemangkasan Pohon untuk Keamanan Pengguna Jalan

Pemangkasan Pohon untuk Keamanan Pengguna Jalan

Pemangkasan tanaman merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Prabumulih. Pemangkasan dilakukan secara intensif terutama pada pohon tepi jalan, mengingat saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan.

Pada saat musim penghujan, daun-daun tumbuh rimbun dan apabila terjadi hujan deras yang disertai angin kencang, seringkali terjadi pohon tumbang.

Petugas dari Bidang Pemeliharaan Lingkungan Hidup beberapa hari terakhir ini melakukan pemangkasan pohon di sepanjangJalan Jend Sudirman terutama diwilayah Kelurahan Pasar 1. Untuk mempermudah proses pemangkasan pada pohon yang tinggi, petugas menggunakan mobil skywalker.

Pemangkasan dilakukan dengan membersihkan ranting pohon yang menjuntai ke badan jalan agar tidak membahayakan keselamatan pengguna jalan. Pemangkasan juga dilakukan terhadap cabang yang sudah tua dan tidak produktif, cabang yang terserang hama penyakit, cabang yang kering dan daun-daun yang tumpang tindih.

Pemangkasan dilakukan untuk menghindari dahan patah atau pohon tumbang akibat daun terlalu rimbun. Pemangkasan juga dilakukan untuk mengendalikan pertumbuhan tanaman yang sudah tidak teratur dan mempertahankan bentuk/dimensi ukuran tanaman.

Manfaat lain pemangkasan yaitu untuk menjaga kesehatan tanaman. Apabila ada daun atau ranting yang terkena penyakit, akan segera dipangkas agar tidak meluas ke bagian tanaman lainnya.

Petugas juga melakukan pemangkasan pada akhir musim penghujan untuk mengurangi penguapan tanaman pada musim kemarau panjang, sehingga tanaman tidak mati kekeringan.


 

0 comments:

Posting Komentar

Gotong Royong Jum'at Bersih

Gotong Royong Jum'at Bersih diwilayah Kelurahan Pasar 1 Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih bersama seluruh Perangkat Kelurahan P...